Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belum Seumur Jagung, Jembatan Bantuan Pemprov Jatim di Pulau Gili Iyang Ambruk

Belum Seumur Jagung, Jembatan Bantuan Pemprov Jatim
di Pulau Gili Iyang Ambruk



MEMOonline.co.id, Sumenep - Pekerjaan dermaga di Pulau Giliyang, Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Jawa Timur terbengkalai. Pekerjaan proyek miliaran itu belum tuntas dan kondisinya sudah banyak yang ambruk.

"Sebagian sudah ada yang ambruk, meski pekerjaannya belum selesai," kata Aji, salah satu warga setempat pada media ini, Senin (8/6/2020).

Menurutnya sesuai kontrak kerja, pekerjaan tersebut dimulai sejak 26 September 2019 berakhir pada 29 Desember 2019. Karena belum selesai maka masa pekerjaan diperpanjang hingga Februari 2020. Harapannya kontraktor pemenang tender bisa menyelesaikan pekerjaan. 

Hanya saja, hingga batas akhir perpanjangan pekerjaan belum selesai maka Dinas Perhubungan sebagai pengguna anggaran memutuskan untuk memutus kontrak kerja. "Selama terhenti beberapa bulan dari pengerjaan hingga hari ini dermaga yang dibangun kini malah ambruk dibeberapa bagian tubuh dermaga". lanjutnya.

Warga kata dia, belum mengetahui penyebab ambruknya dermaga tersebut, apakah karena tingginya gelombang laut atau faktor material yang digunakan tidak sesuai dengan perhitungan struktur bangunan yang telah ditetapkan.

"Sejauh ini gelombang air laut tidaklah terlalu besar sehingga sangat tidak mungkin apabila ambruknya bangunan dermaga di sebabkan tingginya gelombang laut," kata Dahri, warga lain.

Hingga saat ini kata dia kelanjutan pekerjaan proyek tersebut belum diketahui. Padahal, keberadaan dermaga tersebut sangat diharapkan oleh masyarakat, sehingga segera bisa dimanfaatkan. "Kalau dibiarkan terlalu lama, bisa saja ini hancur semua sebelum dimanfaatkan," jelasnya. 

Untuk diketahui, Pembangunan dermaga merupakan bantuan dari Pemerintah Provinsi Jawa Timur senilai Rp60 miliar. Anggaran tersebut dibagi dua titik, yakni pembangunan dermaga di pulau Giliyang dan pelabuhan Dungkek. Saat ini pekerjaan pelabuhan di pelabuhan di pelabuhan Giliyang dianggarkan sekitar Rp17 miliar. (Ita/diens)


Sumber:
http://www.memoonline.co.id/read/6957/20200608/195922/belum-seumur-jagung-jembatan-bantuan-pemprov-jatim-di-pulau-gili-iyang-ambruk/

Posting Komentar untuk "Belum Seumur Jagung, Jembatan Bantuan Pemprov Jatim di Pulau Gili Iyang Ambruk"