Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

MUNGKINKAH MEMBUKA SEKOLAH DI TENGAH PESTA CORONA?

MUNGKINKAH MEMBUKA SEKOLAH DI TENGAH PESTA CORONA?

Oleh: Khaeriyah Nasruddin

Baru-baru saja Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengeluarkan wacana untuk membuka kembali sekolah pada pertengahan Juli 2020, satu wacana yang menimbulkan dilematis di benak orang tua. Wacana ini juga disambut khawatir oleh Federasi Serikat Guru Indonesia, wakil sekretaris FGSI Satriawan mengungkapkan bahwa ia khawatir siswa dan guru menjadi korban dari wabah covid-19 jika rencana ini diputuskan, koordinasi pemerintah pusat dan pemerintah daerah yang terlihat tak sinkron dalam penanganan covid-19 juga diragukan. (CNNIndonesia/9/5).

Agus Sartono selaku Deputi Bidang Koordinasi Pendidikan Agama dan Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) juga menyampaikan, kegiatan belajar di sekolah pada pertengahan Juli 2020 masih berisiko. (CNNIndonesia/11/5). Sejak merebaknya covid-19 di bumi pertiwi sekolah memang ditutup dan melakukan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ). Namun seiring berjalan waktu di tengah pesta corona masih ramai-ramainya pemerintah kembali ingin membuka sekolah.

Rencana ini memang dikhususkan pada daerah-daerah yang sudah dinyatakan aman terhadap wabah covid-19 dan tetap akan menggunakan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah serta mewajibkan penggunaan masker. Namun tetap saja tidak bisa menjadi jaminan untuk mengurangi kekhawatiran, pasalnya dalam beberapa kasus ada orang yang positif covid-19 tanpa menunjukkan gejala, kita juga masih sulit membedakan mana yang terkena dan mana yang tidak selain menunggu waktu beberapa hari untuk mengetahui hasilnya.

Menilik grafik kasus covid-19 di Indonesia, sejauh ini memang belum terlihat adanya tanda-tanda penurunan. Penyebarannya telah menjangkau 321 dari 514 kabupaten dari kota di Indonesia atau sama dengan 62%. (datapublik.com/02/05). Rencana ini penting untuk diperhatikan, apakah sudah termasuk kebijakan tepat untuk membuka sekolah di tengah makin meningkatnya jumlah kasus positif covid-19? Kita bisa melihat dalam sehari ada sekitar 519 kasus ditemukan, bagaimana jadinya ketika rencana ini benar dijalankan?

Lanjutan #Swipedistory @mediaumat atau klik : https://www.instagram.com/p/CAt2WjrJ5UO/?igshid=dk56eb13xryq


Posting Komentar untuk "MUNGKINKAH MEMBUKA SEKOLAH DI TENGAH PESTA CORONA?"